jaringan komputer

Memberikan Hak Akses Ke Folder / Direktory pada File Sharing Menggunakan Samba

Pada tautan yang lalu kita telah melakukan Konfigurasi Samba Server pada Linux OpenSUSE,  pada tautan tersebut kita telah membuat sebuah file sharing, sekarang kita akan memberikan Hak Akses pada folder / direktory yang kita sharing, lihat dan amati apa yang terjadi pada file tersebut.

1. Pengenalan tentang Memberikan Hak Akses.

Pengelolaan hak akses pada suatu file sebagai bagian dari security GNU/linux dibatasi pada pengguna OWNER,USER dan OTHER

Masing-masing dengan hak akses READ(r), WRITE(w), EXECUTE(x)

Pemberian definisi hak akses diketahui dari angka Nilai r=4, w=2, x=1

 

2. Percobaan memberikan Hak Akses

langakh 1 : Pada Sistem Operasi Linux OpenSUSE klik Start – Terminal.

langkah 2 : Setelah tampilan Terminal muncul ketikan Sudo Su dan Password, untuk pindah ke pengguna.

langkah 3 : Ketikan cd desktop, artinya kita pindah di desktop kemudian ketikan ls untuk melihat isi data dari desktop tersebut, pada kesempatan yang lalu di tautan sebelumnya kita telah membuat sebuah folder dengan nama ‘kelompokh’ Nantinya kita akan memberikan hak akses pada folder tersebut.

langkah 4 : Sekarang kita mulai memberikan Hak Akses, dan lihat apa yang akan terjadi pada file sharing di My Network Places di Ms. Windows XP.

Perintahnya ketikan chmod 761 kelompokhchmod 767 kelompokh Lakukan seperti pada gambar di bawah ini :

Dari yang kita lakukan memberikan Hak Akses tersebut. kita dapat menyimpulkan bahwa pada saat memberikan Hak Akses chmod 761,762,762,764,766, kita hanya dapat melihat file sharing tersebut tetapi tidak bisa masuk ke dalam file sharing tersebut. akan terjadi peringatan seperti pada gambar di bawah ini :

Sedangkan pada Hak Akses chmod 765 kita bisa masuk pada file sharing tersebut, tetapi pada saat kita mengcopi file atau data kita tidak bisa. yang akan terjadi adalah peringatan seperti pada gambar di bawah ini :

Untuk Hak Akses chmod 767 kita memiliki hak akses Penuh, untuk melakukan Semuanya.

 

Mudah bukan teman-teman kita memberikan sebuah hak akses pada sebuah folder / direktory yang kita sharing menggunakan Samba, Selamat mencoba………………………………………………………..??????? 🙂

About taufiq_rohman

Ingin belajar, belajar, belajar untuk menjadi orang yang sukses, agar berguna bagi orang tua dan bangsa.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar

Pengunjung Ke ->

Website Traffic Counters
free counters

IP

Web hosting